Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Mei 2010

Game Komputer Bisa Tingkatkan Skill Matematik


Menurut uji coba yang dilakukan Mangahigh.com, situs gaming populer di Inggris, game komputer bisa meningkatkan kemampuan matematika anak.
Situs game tersebut, menawarkan permainan yang menggunakan kemampuan matematika yang digunakan dalam kurikulum nasional. Mereka kemudian melakukan uji coba terhadap anak-anak dari 12 sekolah di Skotlandia. Uji coba berlangsung selama 12 pekan.
Menurut Mangahigh, rata-rata nilai matematika siswa yang diuji naik 13 persen setelah memanfaatkan situs game tersebut. Sementara 93 persen pelajar mengakui bahwa mereka akan menikmati matematika jika game komputer digunakan untuk mempelajari ilmu tersebut.

“Program game terbukti berguna sebagai alat pendidikan yang menstimulasi baik guru ataupun siswa,” kata Derek Robertson, dari Learning and Teaching Scotland, seperti VIVAnews kutip dari PC Advisor, 3 Mei 2010. “Sangat penting bagi kita untuk memastikan siswa kita berkembang dengan baik di masyarakat yang sangat bergantung pada komputer,” ucapnya.
Dari uji coba, terungkap bahwa 68 persen siswa menyatakan ingin meningkatkan kemampuan matematika mereka agar meraih nilai yang lebih tinggi saat memainkan game-game di Mangahigh.com.
Sementara itu, lebih dari separuh guru yang terlibat menyatakan bahwa siswa mereka mendapatkan kemajuan yang lebih baik di bidang matematika setelah menggunakan game tersebut dibandingkan dengan menggunakan metode pengajaran tradisional.
“Sebagian besar pelajar yang menggunakan Mangahigh mampu memecahkan soal yang saya rasa sulit mereka selesaikan jika menggunakan metode ujian berbasis kertas seperti yang biasa mereka kerjakan,” kata seorang guru yang terlibat dalam uji coba tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted