Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 05 Mei 2010

SISWA TAK HADIR, BISA IKUT UASBN SUSULAN ; Tingkatkan Konsentrasi, Sekolah Siapkan Sarapan


Keberhasilan siswa dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tidak hanya menjadi harapan orangtua tapi juga sekolah. Tidak mengherankan bila pada hari pertama UASBN sekolah berusaha melakukan berbagai upaya agar siswanya bisa mengerjakan soal dengan baik dan memenuhi standar kelulusan yang sudah ditetapkan.

Di antaranya dengan menyiapkan sarapan pagi dan kudapan sebelum UASBN dimulai. Kebijakan itu diambil dengan harapan siswa bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal Bahasa Indonesia yang diujikan pada hari pertama. Demikian dikatakan oleh beberapa Kepala SD di Yogyakarta yang ditemui KR secara terpisah, Selasa (4/5).
Kepala SDN Gondolayu, Zukhriyah BA mengatakan, meski UASBN dimulai pukul 08.00 WIB, tapi sejak pukul 06.30 siswa sudah mulai berdatangan untuk sarapan pagi bersama. Hal itu dilakukan dengan harapan siswa bisa lebih konsentrasi dan mengerjakan soal ujian dengan baik. Kebijakan itu diambil karena sebagian besar orangtua berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Akibat terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan beberapa di antara mereka ada yang tidak sempat menyiapkan sarapan pagi.
“Meski secara sepintas terkesan sederhana, tapi sarapan pagi cukup mempengaruhi konsentrasi dan stamina siswa. Oleh karena itu supaya konsentrasi siswa tidak terganggu, sekolah bekerja sama dengan PKK sepakat untuk menyediakan sarapan pagi,” terang Zukhriyah, seraya menambahkan, jumlah peserta UASBN dari SD Gondolayu ada 22 orang dan 6 orang dari SD Bhinneka (menggabung di SD Gondolayu).
Kondisi serupa juga terjadi di SDN Klitren Gondokusuman Yogya, sebelum mengikuti UASBN siswa terlebih dahulu makan kudapan bersama. Sekolah menyediakan kudapan dengan harapan dapat menambah asupan gizi bagi siswa, sehingga bisa mengerjakan soal UASBN dengan baik. Tiga potong kudapan dalam dus yang memenuhi syarat gizi dan higienis. “Ada 25 siswa kami yang mengikuti UASBN,” kata Kepala SDN Klitren Drs Kadis Supriyadi MA.
Sementara itu pantauan KR di SD Ungaran I, pelaksanaan UASBN hari pertama berlangsung lancar. Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta, Haryadi Suyuti sempat melakukan peninjauan didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Syamsury. SD Ungaran I digabung oleh SD Ungaran 2 dan 3 yang masih berada dalam satu kompleks. Jumlah peserta UASBN di SD Ungaran terdiri dari 49 siswa dari SD Ungaran 1, 47 siswa SD Ungaran 2 dan 45 siswa SD Ungaran 3. Kepala SD Ungaran 1, Mardi SPd menuturkan salah seorang siswanya Banyu Biru Adi Legowo terpaksa tidak mengikuti UASBN karena mendadak demam tinggi. Banyu diberikan dispensasi untuk mengikuti ujian susulan yang berlangsung Senin (10/5) mendatang.
Kepala Disdik Kota Yogyakarta, Syamsury berujar UASBN hari pertama ini diikuti sebanyak 7.220 siswa yang berasal dari 183 SD/MI. Sekolah negeri sebanyak 109 dan sekolah swasta sebanyak 72. Dari sekian ini dua siswa penyandang low vision mengikuti ujian yang masing-masing bertempat di SD Giwangan dan SD Sukonandi. “Untuk peserta low vision akan kami berikan perpanjangan waktu serta font huruf soal diperbesar,” tuturnya.
Dibandingkan dengan pelaksanaan UN, UASBN tergolong lancar baik itu dari sisi distribusi dan sebagainya. Namun kendala justru terletak dari sisi psikologis siswa itu sendiri yang merasa tegang dan shock mengikuti ujian. Meskipun tidak melibatkan Tim Pemantau Independen (TPI) namun pengawasan tetap dilakukan oleh Disdik terkait pengawas UASBN. Pengawas UASBN dengan sistem silang di seluruh sekolah sebanyak 220 pengawas. “Meski tidak melibatkan TPI namun apabila ada pengawas yang lalai tetap akan ditindak. Paling tidak ujian tahun depan tidak dilibatkan lagi,” terangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted