Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 April 2011

Software


1. Hanacaraka 
Adalah sebuah software konversi aksara jawa ke aksara latin.
Hanacaraka v 1.0 merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta.
Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.
Di program ini juga terdapat Menu pengenalan aksara yang membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.
Diantaranya ialah :
1. Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
2. Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
3. Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
4. Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
5. Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
6. Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.
Di program ini juga terdapat Soal-soal Latihan Aksara Jawa .
Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Download disini
2. Adobe Reader
adalah sebuah aplikasi standar sederhana untuk membuka file PDF pada platform Windows. Adobe Reader berjalan dengan baik pada Windows XP, Vista dan Windows 7. Tidak hanya sebagai pembaca file pdf, tapi dengan program ini kita juga dapat membuat dokumen pdf, mencetak dan lainnya.

Download disini
3.Open Office
adalah perangkat lunak perkantoran open-source untuk pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafis, basis data dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tersedia dalam banyak bahasa dan bekerja pada semua komputer. Aplikasi ini menyimpan data Anda pada format terbuka standar internasional dan juga mampu membaca/menulis berkas dari paket perkantoran lainnya. Aplikasi ini bisa didownload dan digunakan tanpa biaya untuk segala keperluan.

Download disini
4. Adobe Flash Player
adalah sebuah plugin yang wajib dimiliki untuk menjalankan content yang berisi video dan flash (format file .swf). Jika anda ingin menonton video streaming di youtube atau mendengarkan radio streaming di browser maka anda wajib untuk mempunyai Adobe Flash Player

Download disini

5. SLIMS
merupakan akronim Senayan Library Management System. SLiMS atau sering juga disebut “Senayan” merupakan software untuk manajemen perpustakaan. Dirilis dengan lisensi GPL (http://www.gnu.org/licenses/gpl.html) yang menjamin kebebasan tiap orang (utamanya Rakyat Indonesia) untuk mendapatkan, menggunakan, memodifikasi, dan melakukan redistribusi, baik secara komersial ataupun tidak. Awalnya dikembangkan untuk kebutuhan “Library Automation” tetapi sekarang SLiMS sudah mengakomodasi kebutuhan untuk Perpustakaan Dijital.

Download disini
6. HotPotatoes
oftware ini terdiri dari 6 macam fasilitas yang bisa digunakan.Dengan menggunakan software ini guru maupun dosen dapat menyajikan bentuk  soal dalam lima variasi latihan yaitu JCloze, JQuiz, JCross, JMatch dan JMix. JCloze latihan dalam bentuk essai, JQuiz latihan dalam bentuk pilihan ganda, JCross latihan dalam bentuk puzzle atau teka teki silang, JMatch latihan dalam bentuk menjodohkan dan JMix latihan dalam bentuk campuran dari 4 variasi yang ada. Yang lebih bagus lagi, kita juga dapat membuat feedback atas jawaban yang dipilih. Selain itu anda juga dapat mengkopinya ke word.

Download disini

7. Bank Soal Creator
dalah sebuah aplikasi yang dapat mengumpulkan dan membuka file-file test yang telah dibuat oleh TestCreator untuk dijadikan sebuah aplikas soal jawaban melalui komputer. Jadi sebenarnya testcreatorlah inti sofwarenya. Software Bank Soal Creator ini terdiri dari 3 Buah Aplikasi yang saling berkaitan. jadi anda harus mendownload semua softwarenya. Aplikasi tersebut diantaranya adalah :
  1. TestCreator : Aplikasi untuk membuat file berformat .TST. Free / Gratiss
  2. Test Reader : Aplikasi untuk menampilkan file TST. Free / Gratiss
  3. BankSoalCreator : Aplikasi untuk membuat Bank Soal. Free / Gratis
Download Test Creator Free / Gratiss
Download Test Reader Free / Gratiss

 8. WonDer Share Quiz
Walaupun judulnya online bukan berati tidak bisa digunakan untuk bentuk soal manual, ini cuma alternatif pilihan.Jika sebelumnya software hotpotatos dan BankSoal Creator kali ini aplikasi wondhersaher quiz creator, mungkin bila anda coba ke dua software sebelumnya dan merasa kurang bagus dan sangat rumit, mungkin software kali ini cukup bagus buat kalian semua. Tampilannya hampir mirip dengan Microsoft Word 2007 dan sangat userfriendly, jadi saya rasa cocok sekali untuk alternatif pilihan dalam membuat soal / latihan interaktif.

Download disini


Udah dulu ya, nanti kalo ada tambahan software, akan kami upload

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted