Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 22 Maret 2011

Pembukaan Diklat ICT-EQEP 2011

Dinas Dikpora Provinsi DIY – Senin, 21/03, ruang Auditorium Dinas Dikpora digunakan untuk pembukaan Diklat ICT-EQEP (Penyusunan Laporan Keuangan dan Pendataan Pendidikan dengan pendekatan Button Up Approach). Acara yang bertujuan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan terutama di Provinsi DIY ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikpora, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji dan didampingi Kepala BTKP Provinsi DIY, Dra.Tugini Trihayati serta Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Dikpora DIY, Singgih Raharjo, SH., M.Ed.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dikpora, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan bahwa kemampuan guru maupun siswa belum optimal untuk pengembangan peningkatan mutu pendidikan melalui TIK. “Walaupun saat ini kemampuan IT anak di pelosok dan di kota sudah hampir sama, akan tetapi kami masih mengharapkan semangat dari bapak/ibu guru untuk mensupport anak-anak/siswa yang ada di pelosok”,ungkap Beliau. Sedangkan tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru-guru SD se-DIY melalui TIK, salah satunya penyusunan laporan keuangan dan pendataan pendidikan. Pemanfaatan IT ini dapat membantu dalam hal tersebut dan bukan dari sisi teknis saja melainkan dari sisi administrasi juga. “Kedepannya akan kami koordinasikan dengan pokja-pokja Sains dan Teknologi, sehingga DIY menjadi provinsi berbasis teknologi tetapi juga masih mengangkat nilai-nilai budaya”, tutupnya.

Kehidupan manusia dewasa ini tidak dapat lepas dari peranan teknologi. Dalam pembukaan diklat ini Dra. Tugini Trihayati menerangkan tentang kebijakan pemanfaatan TIK, diantaranya administrasi dan manajemen pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pembelajaran di sekolah. Seperti halnya untuk mendukung visi pembangunan daerah yaitu terwujudnya pembangunan regional sebagai wahana menuju DIY tahun 2025 sebagai pusat pendidikan, budaya terkemuka dan tujuan pariwisata di Asia Tenggara. Sedangkan media sebagai perantara/pengantar pembelajaran yang digunakan untuk menyamapaikan pesan intruksional dalam proses belajar mengajar. Program pemanfaaatan TIK adalah untuk peningkatan dan pemerataan pendidikan DIY (ICT-EQEP). “Terkait dengan pemanfaatan TIK ini berlabuh untuk administrasi dan pembelajaran, tanpa adanya support bapak/ibu guru sekalian semuanya itu tidak akan terwujud”, tutup Beliau.

Sasaran program ini sendiri antara lain memanfaatkan TIK untuk mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan kemampuan guru maupun siswa serta manajemen sekolah dalam bidang TIK. Tujuan program tersebut untuk mengembangkan sistem E-learning (konten digital), menjadikan model pemanfaatan TIK di sektor pendidikan serta guru dapat mengembangkan materi ajar menggunakan TIK sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan di DIY. Peserta diklat terbagi dalam 5 angkatan, yang merupakan perwakilan dari guru-guru SD se-DIY (salah satunya dari SDN Panembahan Yogyakarta). Waktu Pelaksanaan Diklat dimulai tanggal 21 Maret 2011, sedangkan untuk kegiatan prakteknya dilaksanakan di BLPT DIY.(iRL)

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted