Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 Januari 2010

Louncing Ensiklopedi Kraton Yogyakarta Dan Kota Gede


Kepatihan : ( 23/01/2010) www.pemda.diy.go.id - Saat ini pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap berbagai pusaka budaya kraton, baik yang berupa sistem budayanya maupaun sistem social yang mengandung nilai- nilai dan acuan prilaku masyarakat tentang budaya fisik yang kasatmata belum cukup memadai, serta berbagai publikasi dan penerbitan baik yang ditulis penulis kelompok maupun perorangan juga belum banyak membantu pemahaman ,masyarakat tentang makna simbolik yang terkandung didalam kebudayaan kraton yogyakarta.

Demikian dikatakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara Peluncuran Ensiklopedi Kraton Yogyakarta Dan Kota Gede dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Ir. Bayudono. M.Sc di Hotel Brongto Yogyakarta hari ini Sabtu ( 23/01/2010).

Dijelaskan oleh Gubernur bahwa diterbitkanya Ensiklopedi Kraton Yogyakarta ini mwerupakan upaya pemberian informas kepada masyarakat luas tentang budaya kraton yogyakarta untuk menambah khasanah pengetahuan masyarakat secara lebih lengkap unutk dinikmatai para pembaca sebagai pengetahuan awal terhadap budaya kraton yogyakarta diantaranya tentang seni rupa, seni kerajinan, pusaka, busana, kuliner, gelar kebangsawanan, arsitektur dan tata ruang serta sejarah kraton yogyakarta itu sendiri.

Diharapkan oleh Gubernur dengan adanya penerbitan ensiklopedi kraton yogyakarta ini dapat segera diikuti dengan ensiklopedi kota gede dan bahkan ensiklopedi yogyakarta secara keseluruhan sehingga pengetahuan masyarakat tentang yogyakarta menjadi semakin utuh, sekaligus melengkapi beberapa ensiklopedi kebudayaan jawa yang sudah ada apalagi di era digital ini perlu kiranya dipikirkan pengembangan di dunia maya agar terbuka bagi masyarakat luas unutk memberikan kontribusi guna lebih memperkaya ensiklopedi yang berupa buku ini.

Sementara dijelaskan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prop. DIY Drs. Joko Dwianto. M.Hum penerbitan Ensiklopedi ini telah melalui sejarah perjuangan yang cukup panjang selain memerlukan waktu tidak terbatas pada tahun anggaran secara kronologis berdasarkan informasinya kegiatan ini sudah dirintis sejak tahun anggaran 2002 dan bahkan naska dapat diselesaikan pada tahun anggaran 2007, namun karena terkendala beberapa faktor akhirnya anggaran untuk penerbitan sempat dikembalikan ke KAS Daerah karena tidak dapat direlaisasikan, Dan pada akhirnya dalam Tahun anggran 2009 muncul kembali, dan sebagai konsekwensinya pertanggung jawaban secara ilmiah direkrut para ahli, akademisi, budayawan, dan kerabat kraton yogyakarta untuk menyuntingnya. Namun setelah dicermati ternyata naskah lama pada tahun anggran 2007 lebih 80% tidak layak diterbitkan sehingga diperlukan penjaringan dan pengkajian kembali serta penulisan dan penyusunan naskahnya. Pada akhirnya dengan prinsip yang dipegang sosok fisik harus terbit dahulu dan memenuhi standar kualitas juga SPJ adminstrasi dan penyempurnaan materi, isi dan substansi dan redaksional akhirnya buku ensiklopedi ini hari ini bisa di luncurkan.

Menurut Joko Dwianto diterbitkanya ensiklopedi ini sebagai pelengkap cinderamata Gubernur DIY kepada tamu kenegaraan oleh karenaya tidak dicetak unutk diperjual belikan dan dicetak sangat terbatas.

Dalam peluncuran ensiklopedi kraton yogyakarta dan kota gede diadakan pemaparan oleh dua nara sumber yaitu Prof. Dr. Inajati Adrisijanti unutk memeparkan sejarah kota gede, dan Ir. Revianto Budi Santoso. M.Arch memaparkan Kraton Yogyakarta, bertindak sebagai moderator Kepala Dinas Kebudayan Prop. DIY Joko Dwianto. M. Hum.

Dalam louncing ensiklopedi kraton yogyakarta dan kota gede ditandai dengan penyerahan buku ensiklopedia kraton dan kora gede oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Ir. Bayudono Msc. Diterima oleh pihak kraton yogyakarta GPPH Hadi Winoto dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. ( dyk/dd/pnt)

HUMAS PROP DIY

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted