Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 02 November 2008

WALIKOTA : PKK HARUS BANGUN JEJARING SOSIAL

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto melantik Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Yogyakarta masa bakti 2008 – 2013. Pelantikan ini dilakukan di RuangUtama Balaikota, Sabtu (01/11) disaksikan Ibu Tri Harjun Ismaji dan pengurus TP. PKK Propinsi DIY, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arif Noor Hartatanto, para suami dari ibu-ibu pengurus dan tamu undangan.

Tugas para pengurus yang dilantik ini nantinya akan merencanakan, melaksanakan, membina program-program kerja PKK sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Menghimpun menggerakkan dan membina potensi masyarakat khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program PKK. Memberikan bimibingan motivasi dan fasilitasi kepada Tim Penggrerak PKK atau kelompok PKK dbawahnya. Menyampaikah laporan tentang pelaksanaan tugas kepada ketua Dewan Penyantun TP. PKK (Walikota) pada tingkat yang sama dan tingkat diatasnya. Mengadaakan supervisi, evaluasi dan monitoring terhadap pelaksanaan Program PKK sesuai dengan ketentuan dan rambu-rambu Otonomi Daerah dan ketentuan lain yang berlaku.

Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi DIY GKR Hemas dalam sambutannya yang dibacakan ibu mengatakan kinerja dan prestasi yang ditorehkan PKK Kota Yogyakarta sangat baik . Terbukti banyak penghargaan diraih di tingkat Propinsi maupun nasional melalui visi , misi dan penjabaran 10 Program Pokok PKK.

Ditambahkan, beberapa keberhasilan yang telah dicapai oleh TP. PKK Kota Yogyakarta diantaranya telah terbentuknya Kost Crisis Center dengan program utama Sapa Anak Kos termasuk penanganan penanggulangan narkoba. GKR Hemas menilai kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis mengingat kota Yogyakarta sebagai kota pelajar yang sangat banyak permasalahannya.

Selain itu pembentukan Mitra Keluarga di beberapa kecamatan ,dirasakan sangat bermanfaat dalam membantu warga masyarakat terutama kaum perempuan dan anak-anak yang memiliki permasalahan keluarga, seperti perlakukan tindak kekerasan dan lain-lain. Prestasi lain yang yang juga menjadi kebaggaan adalah program PAUD dengan Tempat Penitipan Anak, Kelompok bermain dengan Satuan Paud Sejenis (SPS) yang terintegrasi dengan Posyandu dan telah tersebar ke seluruh kelurahan yang ada di kota Yogyakarta. Juga program Hatinya PKK dengan tamanisasi di setiap RW demi terwujudnya kota Yogyakarta Berhati nyaman, Posyandu Plus dimana kota Yogyakarta sebagai pencetusnya.

Karena prestasinya ini Kota Yogyakarta dihadiahi pengharagaan berupa Upakarti Madya pada peringatan hari keluraga nasional ke – 14 baru-baru ini. GKR Hemas berharap peran PKK Kota Yogyakarta dapat ditingkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas. Gerakan PKK diharapkan dapat memberikan perhatian yang besar terhadap pemberdayaan perempuan dan mampu meningkatkan kesadaran perempuan khususnya dan masyarakat umumnya.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto memeberikan penghargaan kepada para ibu yang bersedia menjadi pengurus TP. PKK Kota Yogyakarta periode 2008-2013. Kesedian para ibu ini, menurut Walikota merupakan kesadaran dari seorang manusia yang ingin memberi.

Walikota berpesan agar PKK Kota juga membangun jaringan kerjasama dengan berbagi organisasi. Karena menurutnya di era globalisasi ini jaringan kerjasama ini khususnya di bidang sosial sangat penting. Karena PKK dapat mengakses sumber daya yang lain untuk kemanfaatan bagi Warga kota Yogyakarta. (@mix)

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted