Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 02 November 2008

Profil Perpustakaan SD Panembahan

Sejarah Perpustakaan

SD Negeri Panembahan Yogyakarta merupakan gabungan atau leburan dari 3 (tiga) SD Negeri, yakni, SD Negeri Panembahan I, SD Negeri Keputran VIII, SD Negeri Keputren VIII pada tahun 2006. Kepala sekolah bernama YM. Yunarmi, jumlah siswa 247 orang, status sekolah negeri, dan berdiri di atas tanah seluas 1183m2.

Dalam perkembangannya sekolah selalu meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, baik secara fisik maupun non-fisik. Namun data mengenai perpustakaan saat itu masih bercampur dengan tiga SD yang melebur. Baru tahun 2007 sekolah mulai merintis perpustakaan meski menempati ruangan 6x4m2. Petugas perpustakaan satu orang yang masih dijabat oleh guru.

Pada perkembangnnya perpustakaan menempati ruangan yang lebih besar peninggalan ruang kelas IV. Koleksi buku sekitar 1000 eksemplar, petugas perpustakaan tidak lagi dijabat oleh guru, namun sudah di pegang petugas khusus perpustakaan sendiri.

Dengan adanya pembenahan ruangan, penambahan fasilitas mebeler, serta koleksi, ternyata menambah daya tarik dan antusias pengunjung. Setiap jam istirahat, perpustakaan dipenuhi pengunjung. Adapun koleksi yang sering dibaca adalah sastra Indonesia, majalah, serta beberapa buku pelajaran sesuai dengan kebutuhan.


Fungsi dan Tugas Pokok Perpustakaan Sekolah

Menurut UU No. 43 yang membahas tentang perpustakaan,bagian ketiga pasal 23 adalah sebagai berikut :
1. Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.
2. Perpustakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memiliki koleksi buku teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan yang bersangkutan dalam jumlah yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik.
3. Perpustakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengembangkan koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan.
4. Perpustakaan sekolah/madrasah melayani peserta didik pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan.
5. Perpustakaan sekolah/madrasah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
6. Sekolah/madrasah mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah/madrasah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.


Peran Perpustakaan
SD Negeri Panembahan Yogyakarta

Perpustakaan SD Negeri Panembahan Yogyakarta memiliki peran sangat penting dalam mmewujudkan visi dan misi sekolah, serta manajemen pendidikan berbasis sekolah.
Perpustakaan SD Negeri Panembahan Yogyakarta menyediakan bahan-bahan pustaka serta sarana prasarana lain untuk memenuhi kebutuhan yang menunjang kurikulum SD Panembahan.
Merupakan sumber informasi untuk mengembangkan gagasan serta kreativitas, dalam angka meningkatkan SDM guru, karyawan maupun para siswa.
Menjadi tempat mencari informasi apabila mendapatkan kesulitan informasi dalam KBM maupun kegiatan lain.
Merupakan tempat untuk menumbuhkan budaya belajar dan peka informasi.
Sarana pendukung kegiatan belajar mengajar.



Visi dan Misi Perpustakaan

Unutk menumbuhkan kepekaan informasi dan kepekaan kritis Perpustakaan SD N Panembaha Yogyakarta dengan motto :
“Dengan membaca aku bisa”

Visi Perpustakaan
Menjadikan perpustakaan tempat menggali potensi diri melalui membaca dan sarana rekreasi.

Misi Perpustakaan
Mewujudkan perpustakaan yang sejuk, nyaman, dan menarik
Menyediakan informasi yang up to date
Menumbuhkan minat baca
Mengembangkan ide dan kreativitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted