Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 03 November 2008

Jembatan Sains di Taman Pintar

tm_jembatan.jpgMerupakan tempat untuk memperkenalkan dan pembelajaran ilmu - ilmu dasar (matematika, fisika, kimia dan biologi) dengan penekanan pada penerapannya dalam kehidupan sehari - hari Jembatan sains memaparkan ilmu- ilmu dasar perkembangan teknologi secara berurutan mulai dari matematika, fisika, kimia dan biologi. Anjungan pada subtema jembatan sains disusun dalam bentuk interaktif dan pemodelan. Penekanan pada jembatan sains adalah penyampaian ilmu- ilmu dasar dalam bentuk- bentuk yang lebih interaktif sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekspresi dan apresiasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Permainan Angka

Bertujuan agar pengunjung dapat menikmati permainan bilangan dan secara interactive menggunakan komputer. Anjungan ini menyuguhkan teka - teki bilangan dalam bentuk game komputer seperti halnya pada sebuah game station. Kapasitas Pengunjung 4 orang Target Audiens 10 tahun ke atas

Sumur Gravitasi
Bertujuan agar pengunjung dapat melihat perubahan percepatan koin saat melintas sekaligus mengetahui konsep pergerakan planet. Anjungan ini mensimulasikan Hukum Kepler tentang pergerakan planet. Pada anjungan sumur gravitasi disedikan piringan besar dari bahan fiberglass dengan permukaan yang licin. Permainan interaktif yang dilakukan adalah pengunjung meletakan koin uang pada permukaan piringan sehingga koin uang akan berputar melewati permukaan corong hingga masuk pada lobang ditengah piringan. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Permainan Bentuk Bangun
Bertujuan agar pengunjung dapat memainkan puzzle dalam berbagai bentuk bangun dan melakukan perhitungan - perhitungan luasan atau jumlah bangun yang ada Pada anjungan ini dilakukan permainan menyusun balok dan puzzle serta teka – teki perhitungan luasan dan volume bangun yang tersusun. Anjungan ini lebih merupakan upaya mendekatkan matematika kepada anak – anak, diharapkan dapat meningkatkan minat anak pada matematika. Kapasitas Pengunjung 6 orang Target Audiens 6 - 10 tahun

Roda Kotak
Bertujuan agar pengunjung memahami konsep pergerakan roda secara matematis Anjungan ini menydiakan alat peraga interaktif berbentuk lintasan berbukit-bukit lengkung, ukuran 300 x 60 x 60 cm dengan roda berbentuk persegi yang dapat menggelinding di atasnya. Pengunjung dapat mencoba menggelindingkan roda persegi tersebut dan mengamati bahwa roda dapat meluncur dengan mudah karena panjang sisi roda sama dengan panjang sisi setiap juring. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Slot Hiperbolic
Bertujuan agar pengunjung mengetahui konsep pembuatan kurva dari garis - garis lurus yang tersusun sedemikian rupa Slot hiperbolic memaparkan salah satu aspek dalam matematika yaitu kurva yang tersusun dari garis - garis lurus. Anjungan ini menyediakan suatu media vertikal yang dibuat dari lembaran plastik berlobang dengan bentuk kurva hiperbolic. Pada bagian lain ada sebuah batang plastik yang dapat berayun melewati lobang berbentuk kurva hiperbolic pada lembaran plastik vertikal Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Plengkung
Bertujuan agar pengunjung mengetahui salah satu aplikasi persamaan kuadrat. Bangunan lengkung yang dirakit dari balok – balok yang sudah diurutkan menurut nomor Satu set balok - balok dengan ukuran tertentu yang disusun pada suatu bidang datar untuk kemudian diberdirikan sehingga membentuk bangun lengkung yang saling mendukung antar balok. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens 10 tahun keatas

Pi Area
Bertujuan agar pengunjung memahami konsep bilangan Pi Lingkaran dan garis tengah lingkaran yang dapat dihitung anak secara bebas, kemudian dihitung dengan komputer sehingga akan muncul nilai bilangan Pi. Bagian lain dari anjungan ini memaparkan segitiga Phitagoras. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Golden Ratio
Bertujuan agar pengunjung dapat melihat keterkaitan matematika dengan alam Mamaparkan bentuk - bentuk di alam yang dilihat dengan kaca mata matematika Anjungan ini dilengakpi dengan panel penjelasan deret fibonacci, penggunaan deret tersebut dalam arsitektur serta bentuk - bentuk di alam yang berkaitan yang tersusun oleh golden ratio Kapasitas Pengunjung 4 orang Target Audiens Semua umur

Pusaran Air
Bertujuan agar pengunjung dapat mengetahui dengan jelas gaya sentrifugal dan sentripetal yang dapat membentuk kurva parabolic. Anjungan ini bersifat interaktif dimana pengunjung dapat memutar wadah air berwarna bening berbentuk persegi empat, air didalam wadah tersebut memperagakan gaya sentrifugal dan sentripetal sehingga permukaan air berbentuk kurva parabolic. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Fenomena Gumuk Pasir
Bertujuan agar pengunjung dapat mengetahui pergerakan dan pembentukan bukit - bukit pasir oleh sebab angin. Anjungan Fenomena Gumuk Pasir merupakan diorama landscape bukit – bukit yang terbentuk oleh angin. Pergerakan dan pembentukan bukit - bukit pasir disimulasikan oleh angin dari kipas angin elektrik yang membawa dan mengendapkan partikel – partikel pasir Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Putaran Turbulensi
Bertujuan agar pengunjung dapat mengetahui pergolakan fluida di lapisan polycarbonate sehingga dapat mengingatkan kepada aliran bergolak yang terjadi di dalam atmosfer Simulasi kompleksitas dari zat alir di atmosfer dipaparkan pada anjungan ini dengan secara sederhana. Anjungan ini terdiri dari lapisan polycarbonate yang warnai secara khusus guna, memviasualisasikan aliran fluida. Lapisan polycarbonate berdiri pada suatu alas tumpuan dan dapat diputar horizontal 3600 pada kecepatan yang berbeda. Cairan pada lapisan polycarbonate menunjukkan pusaran angin dan ombak dari gerakan cairan internal. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens Semua umur

Cincin Awan
Bertujuan agar pengunjung dapat mengetahui material yang membentuk awan di atmosfer Anjungan ini mensimulasikan proses pembentukan awan dengan cara membuat cincin awan. Cincin Awan dibuat dengan menggunakan generator kabut dan selaput karet yang besar dengan suatu lubang ditengahnya untuk meluncurkan lingakaran uap air sampai ke langitlangit. Cincin awan dihasilkan oleh friksi antara tepi lubang dan uap air yang mengalir membentuk suatu pola yang dikenal sebagai vortex Kapasitas Pengunjung 1 - 5 orang Target Audiens Semua umur

Bayangan Berwarna
Bertujuan agar pengunjung menikmati sensasi perubahan warna bayangan dan mengetahui konsep pencampuran warna oleh cahaya. Anjungan bayangan berwarna menjelaskan warna - warna yang terbentuk dibalik cahaya putih. Warna putih dihasilkan oleh lampu spotlight berwarna merah, hijau dan biru yang menyinari obyek didepan dinding. Dinding akan tampak berwarna putih karena campuran cahaya merah, hijau dan biru. Ketika pengunjung berjalan melewati sorotan cahaya, maka berkas cahaya dua warna yang lain akan membentuk bayangan berwarna Kapasitas Pengunjung 4 – 5 orang Target Audiens Semua umur

Selaput Sabun
Bertujuan agar pengunjung mengetahui prinsip - prinsip tegangan permukaan dan kegunaannya. Anjungan ini lebih merupakan wahana permainan untuk membuat film gelembung sabun, dengan sebuah perangkat untuk membuat bidang – bidang film dari sabun. Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens 6 – 18 tahun

Hamburan Cahaya
Bertujuan agar pengunjung mengetahui mengapa langit selalu tampak berwarna biru. Anjungan ini mensimulasikan fenomena “Rayleigh scattering” yang menjelaskan mengapa langit selalu berwarna biru. Peragaan yang ada dilakukan dengan tabung bening yang diletakan didepan sumber cahaya. Cahaya akan tersebar sehingga tabung didekat sumber cahaya akan nampak biru sedangkan semakin jauh akan menjadi kuning hingga orange Kapasitas Pengunjung 1 orang Target Audiens 12- 18 tahun

Terakhir Diperbaharui ( Sabtu, 23 Februari 2008 )

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted