Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 24 Juni 2011

Ayo Bersama Meriahkan Festival E-Pendidikan 2011

Dinas Dikpora DIY- Guna semakin memperkenalkan produk-produk Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY kepada masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah dan pendidikan, serta untuk membudayakan guru dan siswa agar memanfaatkan TIK dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), BTKP DIY menyelenggarakan Festival E-Pendidikan 2011.

Festival E-Pendidikan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh BTKP DIY bekerja sama dengan Pustekkom Kemendiknas. Didalamnya, terdapat 3 agenda utama, yakni Lomba Ki Hajar, Lomba Pemanfaatan TIK, serta Pameran Pendidikan.

Agenda pertama, Lomba Ki Hajar (Kita Harus Belajar), dibagi menjadi 4 cabang lomba. 3 cabang lomba yang pertama adalah lomba menjawab pertanyaan dari proses pembelajaran yang dilaksanakan melalui TV-E dan TVRI, yang masing-masing dibagi untuk kelompok siswa SD/MI, SMP/MTs, serta SMA/MA/SMK. Sedang cabang lomba yang ke-4 adalah lomba reportase pendidikan yang dilaksanakan oleh siswa SMA/MA dan SMK.

“Khusus untuk lomba menjawab pertanyaan melalui TV-E dan TVRI, siaran akan dimulai sejak tanggal 18 Juli 2011. Jawaban pertanyaan ini nantinya dikirimkan melalui e-mail ke BTKP DIY di info@btkp-diy.or.id. Secara kolektif, BTKP DIY akan mengirimkan e-mail siswa tersebut ke Pustekkom Jakarta. Penilaian jawaban yang dicantumkan dalam e-mail, akan dilaksanakan secara langsung oleh Pustekkom”, ujar Kepala BTKP DIY, Dra. Tugini Tri Hayati saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Yang unik, BTKP DIY juga melakukan penilaian tersendiri kepada para peserta lomba ini. Penilaian dilakukan dengan jalan siswa mempresentasikan hasil jawabannya di hadapan dewan juri pada tanggal 28-30 Juli 2011. 25 siswa terbaik dalam presentasi ini, akan diadu untuk berlomba bersama juara penilaian lewat e-mail yang telah dilaksanakan oleh Pustekkom pada tanggal 31 September hingga 1 Oktober 2011 kelak di tingkat regional DIY-Jateng.

Sementara untuk agenda kedua, yakni Lomba Pemanfaatan TIK, diikuti oleh siswa dan guru. “Guru dan siswa membuat media pembelajaran, setelah itu karya dikirimkan ke BTKP DIY. Karya selanjutnya diseleksi melalui presentasi di hadapan dewan juri pada tanggal 28-30 Juli 2011”, tukas Tugini.

Agenda yang ketiga, yakni Pameran Pendidikan, memamerkan produk-produk BTKP sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Dikpora DIY yang bergerak di bidang teknologi dan komunikasi pendidikan. Produk-produk yang dipamerkan meliputi produk multimedia, website, radio streaming serta jogja belajar. Selain itu, ada pula seminar mengenai mekanisme pembuatan media pembelajaran.

“Kami undang rekan-rekan mahasiswa UNY jurusan Teknologi Pendidikan (TP), guru-guru dari SMK, serta rekan-rekan dari jurnal Dikpora yang terkait dengan penilitian berbasis TI untuk presentasi mengenai pembuatan media pembelajaran”, ungkap Tugini.

Hadiah yang disediakan bagi pemenang lomba terbilang cukup besar. Selain mendapat trophy dan piagam, juara I lomba Ki Hajar akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 1,2 juta, juara II 1 juta, dan juara III 800 ribu rupiah. Sedang lomba pemanfaatan TIK memperebutkan hadiah bagi 6 juara. Juara I mendapatkan hadiah sebesar 2 juta, juara II 1,75 juta, juara III 1,5 juta, juara Harapan I 1,25 juta, juara harapan II 1 juta, serta juara harapan III 750 ribu rupiah. Saat ini, pendaftaran telah dibuka di BTKP DIY hingga 16 Juli 2011.

Sementara itu ditemui terpisah, Kadinas Dikpora DIY, Drs. R. K. Baskara Aji mengungkapkan bahwa Festival E-Pendidikan ini dimaksudkan untuk merangsang atau memotivasi peserta didik dan guru untuk mengembangkan e-learning/TI dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Selain itu, melalui lomba, akan didapatkan evaluasi mengenai kemampuan penguasaan TI dari peserta didik dan guru, sehingga kita bisa membuat kebijakan-kebijakan lebih lanjut atas kondisi itu”, ungkap Baskara Aji. (m.tok)

0 komentar:

Posting Komentar

Kemana anda mencari Informsi

RPP dan Silabus

  • RPP dan Silabus EEK kelas 1
  • RPP dan Silabus EEK kelas 2
  • RPP dan Silabus EEK kelas 3
  • RPP dan Silabus EEK kelas 4
  • RPP dan Silabus EEK kelas 5
  • RPP dan Silabus EEK kelas 6

Arsip Blog

Admin

Followers

Basshunter - All I Ever Wanted